Kamis, 13 Mei 2010

BERFIKIR POSITIF
Oleh:Nurkholis






Banyak cara yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk bisa sukses dan maju. diantaranya adalah dengan selalu berfikir positif. Sepertinya hal ini sepele, tapi sebenarnya tidak juga bahkan berfikir positif itu bisa mempengaruhi cara berfikir seseorang untuk maju. Seperti kata seorang pemikir barat pernah mengatakan:”hidup kita ini dipengaruhi cara berpikir kita, kalau kita berfikir positif maka hidup ini akan positif, sebaliknya kalau kita berfikir negatif maka begitulah hidup ini akan negatif.” Bukan berarti pepatah ini kita telan bulat-bulat, tapi hal ini ada benarnya karena terkadang bahkan seringkali kita memilki cara berpikir negatif yang picik dan sempit yang dengan sendirinya hal ini mempengaruhi cara pandang dan berpikir kita terhadap hidup dan implikasinya dapat dirasakan sendiri oleh kita sendiri.

Dalam Islam pun hal ini ada hubungannya dengan berfikir positif ini. Dalam sebuah hadits Qudsi Allah SWT menyuruh para hamba-Nya untuk selalu berprasangka baik terhadap-Nya karena hal itu akan berakibat baik juga terhadap mereka, demikian juga sebaliknya bila kita semua berprasangka buruk kepada-Nya maka akibat buruklah yang akan didapatkan. Bunyi Hadits Qudsinya yaitu :

اَناَ عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِيْ بِيْ
Artinya : Aku tergantung persangkaan hamba-Ku kepada-Ku.

Demikian juga dalam berhubungan dengan sesama kita harus saling berfikir positif, jauhi berbagai pikiran negatif, kotor dan berbagai prasangka buruk diantara kita yang hanya akan berakibat tak adanya keharmonisan hubungan timbal balik yang lebih baik dan lebih menguntungkan. Karena keharmonisan dan kesinambungan dalam hidup ini sangat diperlukan untuk menjaga ekosistem yang ada menjadi lebih kuat, teratur, rapih dan bersih. Semua itu demi menjaga mata rantai kehidupan dan silaturahmi diantara kita khususnya sesama muslim supaya jangan terputus, sebab Allah SWT tidak menyukai umatnya yang suka memutuskan silaturahmi.

Demikianlah tulisan ini adanya, semoga bermanfaat dan marilah kita coba aplikasikan dalam praktek nyata amal ibadah kita, supaya kita bisa menjadi insan dan pribadi yang selalu berguna bagi bangsa, negara, agama dan tentunya sesama kita. Dan mudah-mudahan kualitas hidup kita sekarang lebih baik dari kemarin, dan terus menjadi lebih baik lagi di kemudian hari. Always be Positive Thinking !!
Amin.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar