Rabu, 12 Oktober 2011

UMAR BIN KHATTAB

1. Umar bin Khattab RA adalah seorang lelaki pemberani dan ketika beliau hendak hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau membawa pedangnya dan pergi ke Kab’ah sambil thawaf mengelilingi Baitullah itu tujuh kali putaran kemudian beliau shalat karena (mengharapkan ridha) Allah.

2. Setelah shalat Umar bin Khattab menghadap orang-orang kafir yang sedang duduk-duduk di depan Ka’bah dan memberitahukan kepada mereka bahwa dirinya akan hijrah sambil berkata:”Barang siapa yang ibunya, atau isterinya, atau anak-anaknya ingin kehilangan dirinya maka hendaklah menghadapi beliau di balik lembah itu”. Maka takutlah orang-orang kafir kepada Umar dan tidak seorangpun yang pergi untuk menghadapi beliau.

3. Setelah wafatnya khalifah yang pertama, Abu Bakar Shiddiq, Umar menjadi khalifah yang kedua. Maka beliau menjadi seorang khalifah yang adil, beliau mencintai kaum muslimin dan bekerja untuk menyenangkankan mereka.

4. Dan pada suatu malam Umar keluar sambil memeriksa keadaan kaum muslimin, pada malam itu udara dingin sekali, Umar melihat api di suatu jalan lalu beliau bergegas menuju api itu. Dan ketika beliau menghampiri api itu, beliau melihat seorang perempuan duduk-duduk dengan anak-anaknya, di sekeliling periuk yang ada di atas tungku api, sedangkan anak-anak itu menangis sambil menjerit-jerit.

5. Umar menghampiri perempuan itu seraya mengucapkan kepadanya: Assalaamu ’alaikum. Lalu ia menjawabnya:Wa’alaikum salaam. Kemudian beliau bertanya kepadanya:"kenapa anak-anak itu menangis?” Ia menjawabnya:”mereka lapar”. Beliau berucap kepadanya:”apa yang ada di dalam periuk itu?” ia mengatakan kepada beliau:”di dalamnya ada air yang mendidih, anak-anak itu mendengarkan suaranya lalu mereka tertidur”. Maka Umar pergi ke sebuah gudang tepung dan kemudian membawa tepung beserta minyak. Umar membuka periuk itu sambil menuangkan tepung beserta minyaknya dan memegang sambil mengaduk-aduk tepungnya, dan ketika telah matang beliau meminta kepada perempuan itu sebuah wadah makan. Beliau menuangkan makanan itu ke dalamnya. Kemudian beliau meminta kepadanya untuk memberi makan anak-anaknya.

6. Anak-anak itu makan sampai kenyang kemudian mereka berpegangan sambil tertawa dan bermain-main sampai mereka tertidur. Perempuan itu berterimakasih kepada Umar sambil mengatakan:”Jazaakallahu khairan" ("Semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik").



Disusun oleh :

NURKHOLIS DAN MURIZAL
PAI V B UMT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar